KISI-KISI SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI Tahun 2023 -KISI-KISI SOAL PK ONLINE PPKB GPAI SIAGA PENDIS 2023
Bismillah, kali ini admin akan berbagi nweh tentang KISI-KISI SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI Tahun 2023. bulan ini ada arahan dari siaga pendis seluruh guru PAI di wajibkan mengikuti simulasi PK online yang muncul di akun siaga pendis masing masing, dan soalnya ada 5 soal. setelah itu ada jadwal ujian pk online secara resminya selang beberapa hari , untuk mengikuti Ujian PK online PPKB GPAI ini nanti sama kayak tahun dulu yaitu mangerjakannya langsung buka akun siaga pendis langsung saja melalui https://pkonline.siagapendis.com/peserta nanti akan muncul seperti dibawah ini:
Berikut ini kami sajikan kisi-kisinya agar kalian bisa belajar persiapan sebelum mengikuti ujian PK onlinenya.
Lampiran III
Nomor : B-1697/DJ.I/Dt.I.IV/HM.01/04/2023
Tanggal : 18 April 2023
KISI-KISI
SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI
Sumber: KMA No. 211 Tahun 2011 tentang Pedoman
Pengembangan Standar Nasional
Pendidikan Agama Islam pada Sekolah
Kompetensi
|
Kompetensi
Inti |
Indikator
|
Pedagogik 1
(Perencanaan Pembelajaran) |
Kompetensi Inti 1. Menguasai
karakteristik peserta didik dari aspek fisik, akhlak, spiritual, sosial,
budaya, emosional, dan intelektual |
1. Memahami karakteristik peserta didik yang
berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, emosional, moral, dan latar
belakang sosial budaya |
2. Mengidentifikasi potensi peserta didik
dalam berbagai bidang pengembangan |
||
3. Mengidentifikasi kemampuan awal
peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan |
||
4.
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta
didik dalam berbagai bidang pengembangan |
||
Kompetensi Inti 3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan PAI |
1. Memahami prinsip-prinsip pengembangan
kurikulum PAI. |
|
2. Menentukan tujuan kegiatan pengembangan PAI
yang mendidik. |
||
3. Menentukan kegiatan belajar yang tepat untuk mencapai tujuan
pengembangan PAI. |
||
4. Memilih materi kegiatan sesuai dengan
tujuan pengembangan Pendidikan Agama Islam. |
||
5. Menyusun perencanaan semester, bulanan,
mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan pengembangan PAI. |
||
6. Mengembangkan indikator dan teknik penilaian PAI. |
||
Pedagogik 2 (Model Pembelajaran) |
Kompetensi Inti 2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik |
1. Memahami berbagai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan pengembangan PAI. |
2. Menerapkan
berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan
pengembangan PAI |
||
Kompetensi Inti 4. |
1. Memahami prinsip-prinsip perancangan
kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan. |
Kompetensi
|
Kompetensi
Inti |
Indikator
|
|
Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang
mendidik |
2. Mengembangkan komponen- komponen rancangan
kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan |
3. Menyusun rancangan kegiatan pengembangan
yang mendidik dan lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, maupun di luar
kelas |
||
4. Menerapkan
kegiatan pembelajaran yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna |
||
5. Menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan, demokratis, berkesetaraan gender, dan bermanfaat |
||
6. Memanfaatkan media dan sumber belajar yang
sesuai dengan pembelajaran PAI. |
||
7. Menerapkan tahapan pembelajaran dalam
kegiatan pengembangan PAI. |
||
Kompetensi Inti 5. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan PAI |
1. Mengoperasikan media teknologi informasi
dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan PAI. |
|
2. Mengakses informasi melalui teknologi
informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan
PAI. |
||
3. Menggunakan media teknologi informasi dan
komunikasi untuk pengembangan bahan dan kegiatan PAI yang mendidik. |
||
Kompetensi Inti 6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta
didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. |
1. Memilih berbagai kegiatan belajar yang
mendorong peserta didik untuk mengembangkan potensinya. |
|
2. Menyediakan berbagai bahan ajar PAI dan
rancangan kegiatan pembelajarannya untuk mendorong peserta didik
mengembangkan potensinya secara optimal. |
||
3. Membuka akses peserta didik untuk belajar
PAI dan mendorong pengembangan potensinya |
||
Kompetensi Inti 7. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik
|
1. Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan
santun, baik secara lisan maupun tulisan. |
|
2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
santun dengan peserta didik dalam interaksi pembelajaran PAI. |
||
3. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
santun dengan peserta didik dalam |
Kompetensi
|
Kompetensi
Inti |
Indikator
|
|
|
interaksi sosial di lingkungan satuan pendidikan. |
4. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan
santun dengan pemangku kepentingan PAI |
||
Pedagogik 3
(Penilaian Pembelajaran) |
Kompetensi Inti 8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar |
1. Memahami
prinsip-prinsip penilaian dan
evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik PAI. |
2. Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting
untuk dinilai dan dievaluasi
sesuai dengan karakteristik PAI. |
||
3. Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi
proses dan hasil belajar PAI. |
||
4. Mengembangkan instrumen
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar PAI. |
||
5. Mengadministrasikan penilaian proses dan
hasil belajar PAI secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai
instrumen. |
||
6. Menganalisis hasil penilaian proses dan
hasil belajar PAI untuk berbagai tujuan. |
||
7. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar
PAI. |
||
Kompetensi Inti 9. Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi PAI untuk kepentingan
pembelajaran |
1. Menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar PAI. |
|
2. Menggunakan informasi hasil
penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan PAI. |
||
3. Mengkomunikasikan hasil
penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI kepada pemangku kepentingan. |
||
4. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan
evaluasi pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran |
||
Profesional 1 (Pendalaman Materi Substantif PAI) |
Kompetensi Inti 21. Menguasai
materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran PAI |
1. Menguasai materi PAI |
2. Menguasai struktur
materi Agama Islam di berbagai sumber
belajar yang relevan untuk pembelajaran PAI. |
||
3. Memahami konsep dasar Pendidikan Agama
Islam yang meliputi 5 (lima) aspek Pendidikan Agama Islam, yaitu Al-Qur’an
dan Hadis, Aqidah, Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Peradaban Islam. |
||
Kompetensi
|
Kompetensi
Inti |
Indikator
|
|
|
4. Menguasai pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran PAI. |
Kompetensi Inti 22. Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan
PAI |
1. Memahami kemampuan peserta didik dalam
bidang PAI |
|
2. Memahami kemajuan peserta didik dalam
pembelajaran PAI. |
||
3. Memahami tujuan setiap kegiatan
pembelajaran PAI |
||
Kompetensi Inti 23. Mengembangkan
materi pembelajaran yang diampu secara kreatif |
1. Memilih materi PAI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik. |
|
2. Mengolah materi PAI secara kreatif sesuai
dengan tingkat perkembangan peserta didik. |
||
3. Mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan
pengajaran yang proporsional sesuai dengan tingkat pemahaman keagamaan
peserta didik |
||
Profesional 2 (Publikasi Ilmiah) |
Kompetensi Inti 10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan
kualitas pembelajaran |
1. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran PAI yang telah
dilaksanakan. |
2. Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan
dan pengembangan PAI. |
||
3. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran PAI |
||
Kompetensi Inti 24. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan
melakukan tindakan reflektif |
1. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri
secara terus menerus. |
|
2. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka
peningkatan keprofesionalan. |
||
3. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
peningkatan keprofesionalan. |
||
4. Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar
dari berbagai sumber |
||
Profesional 3 (Karya Inovatif) |
Kompetensi Inti 25. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri |
1. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi dalam berkomunikasi. |
2. Memanfaatkan teknologi informasi dan
komunikasi untuk pengembangan diri |
Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI Tahun 2023 -KISI-KISI SOAL PK ONLINE PPKB GPAI SIAGA PENDIS 2023"
Posting Komentar
Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!