KISI-KISI SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI Tahun 2023 -KISI-KISI SOAL PK ONLINE PPKB GPAI SIAGA PENDIS 2023

Bismillah, kali ini admin akan berbagi nweh tentang KISI-KISI SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI Tahun 2023. bulan ini ada arahan dari siaga pendis seluruh guru PAI  di wajibkan mengikuti simulasi PK online yang muncul di akun siaga pendis masing masing, dan soalnya ada 5 soal. setelah itu ada jadwal ujian pk online secara resminya selang beberapa hari , untuk mengikuti Ujian PK online PPKB GPAI ini nanti sama kayak tahun dulu yaitu mangerjakannya langsung buka akun siaga pendis langsung saja melalui https://pkonline.siagapendis.com/peserta nanti akan muncul seperti dibawah ini: 


Berikut ini kami sajikan kisi-kisinya agar kalian bisa belajar persiapan sebelum mengikuti ujian PK onlinenya. 

Lampiran III

Nomor     : B-1697/DJ.I/Dt.I.IV/HM.01/04/2023

Tanggal : 18 April 2023

 

KISI-KISI SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI 

 

Sumber: KMA No. 211 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengembangan Standar Nasional

Pendidikan Agama Islam pada Sekolah

Kompetensi

Kompetensi Inti

Indikator

Pedagogik 1 

(Perencanaan

Pembelajaran)

Kompetensi Inti 1.

Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, akhlak, spiritual, sosial, budaya, emosional, dan

intelektual

1. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya

2. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam berbagai bidang pengembangan

3. Mengidentifikasi kemampuan awal peserta  didik  dalam berbagai bidang

pengembangan

4. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta  didik  dalam berbagai bidang

pengembangan

Kompetensi Inti 3.

Mengembangkan kurikulum

yang terkait dengan bidang pengembangan PAI

1. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum PAI.

2. Menentukan tujuan kegiatan pengembangan PAI yang mendidik.

3. Menentukan  kegiatan  belajar yang tepat untuk mencapai tujuan pengembangan PAI.

4. Memilih materi kegiatan sesuai dengan tujuan pengembangan Pendidikan Agama Islam.

5. Menyusun perencanaan semester, bulanan, mingguan dan harian dalam berbagai kegiatan pengembangan PAI.

6. Mengembangkan indikator dan teknik penilaian PAI.

Pedagogik 2

(Model

Pembelajaran)

Kompetensi Inti 2.

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik

1. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan pengembangan PAI.

2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran

yang bersifat holistik, otentik, dan bemakna, yang terkait dengan pengembangan PAI

Kompetensi Inti 4.

1. Memahami prinsip-prinsip perancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan.

 

Kompetensi

Kompetensi Inti

Indikator

 

Menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik

2. Mengembangkan komponen- komponen rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan menyenangkan

3. Menyusun rancangan kegiatan pengembangan yang mendidik dan lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, maupun di luar kelas

4. Menerapkan kegiatan pembelajaran yang bersifat holistik, otentik, dan bermakna

5. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, demokratis, berkesetaraan gender, dan bermanfaat

6. Memanfaatkan media dan sumber belajar yang sesuai dengan pembelajaran PAI.

7. Menerapkan tahapan pembelajaran dalam kegiatan pengembangan PAI.

Kompetensi Inti 5.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan PAI

1. Mengoperasikan media teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan PAI.

2. Mengakses informasi melalui teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan PAI. 

3. Menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan bahan dan kegiatan PAI yang mendidik.

Kompetensi Inti 6.

Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.

1. Memilih berbagai kegiatan belajar yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan potensinya.

2. Menyediakan berbagai bahan ajar PAI dan rancangan kegiatan pembelajarannya untuk mendorong peserta didik mengembangkan potensinya secara optimal.

3. Membuka akses peserta didik untuk belajar PAI dan mendorong pengembangan potensinya

Kompetensi Inti 7.

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik

1. Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, baik  secara  lisan maupun tulisan.

2. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam interaksi pembelajaran PAI.

3. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dalam

 

Kompetensi

Kompetensi Inti

Indikator

 

 

interaksi sosial di lingkungan satuan pendidikan.

4. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan pemangku kepentingan PAI

Pedagogik 3 

(Penilaian

Pembelajaran)

Kompetensi Inti 8.

Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

1. Memahami  prinsip-prinsip  penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik PAI.

2. Menentukan aspek-aspek proses dan

hasil belajar   yang   penting   untuk dinilai

dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik PAI.

3. Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar PAI.

4. Mengembangkan    instrumen penilaian dan evaluasi   proses  dan hasil belajar PAI.

5. Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar PAI secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen.

6. Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar PAI untuk berbagai tujuan.

7. Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar PAI.

Kompetensi Inti 9.

Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi PAI untuk kepentingan pembelajaran

1. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar PAI.

2. Menggunakan informasi  hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan PAI.

3. Mengkomunikasikan hasil  penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI kepada pemangku kepentingan.

4. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran PAI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Profesional 1

(Pendalaman

Materi Substantif

PAI)

Kompetensi Inti 21.

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran PAI

 

1. Menguasai materi PAI

2. Menguasai  struktur materi  Agama Islam di berbagai sumber belajar yang relevan untuk pembelajaran PAI.

3. Memahami konsep dasar Pendidikan Agama Islam yang meliputi 5 (lima) aspek Pendidikan Agama Islam, yaitu Al-Qur’an dan Hadis, Aqidah, Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Peradaban Islam.

Kompetensi

Kompetensi Inti

Indikator

 

 

4. Menguasai pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran PAI.

Kompetensi Inti 22.

Menguasai kompetensi inti dan kompetensi  dasar mata pelajaran/bidang pengembangan PAI

1. Memahami kemampuan peserta didik dalam bidang PAI

2. Memahami kemajuan peserta didik dalam pembelajaran PAI.

3. Memahami tujuan setiap kegiatan pembelajaran PAI

Kompetensi Inti 23.

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu

secara kreatif

1. Memilih materi PAI yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

2. Mengolah materi PAI secara kreatif sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

3. Mengembangkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan pengajaran yang proporsional sesuai dengan tingkat pemahaman keagamaan peserta didik

Profesional 2

(Publikasi Ilmiah)

Kompetensi Inti 10.

Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

1. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran PAI yang telah dilaksanakan.

2. Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan PAI. 

3. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI

Kompetensi Inti 24.

Mengembangkan

keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

1. Melakukan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus.

2. Memanfaatkan hasil refleksi dalam rangka peningkatan keprofesionalan.

3. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk peningkatan keprofesionalan.

4. Mengikuti kemajuan zaman dengan belajar dari berbagai sumber

Profesional 3

(Karya Inovatif)

Kompetensi Inti 25.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

1. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam berkomunikasi.

2. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan diri

 

Belum ada Komentar untuk "KISI-KISI SOAL PEMETAAN KOMPETENSI (PK) ONLINE PPKB GPAI Tahun 2023 -KISI-KISI SOAL PK ONLINE PPKB GPAI SIAGA PENDIS 2023"

Posting Komentar

Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel