LATIHAN UJIAN NASIONAL SD/MI BAHASA INDONESIA TAHUN 2016/2017
LATIHAN UJIAN NASIONAL SD/MI
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Hari
Tanggal :
Waktu :
07.30 – 09.20 (120 menit)
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan cara memberi tanda silang (X) jawaban yang
paling
tepat pada lembar jawaban yanw tersedia!
Bacalah Teks berikut
untuk menjawab soal no 1 – 5
Film Jadi
Media
Baru Seni
Pertunjukan Indonesia
Film merupakan media baru bagi seniman tari untuk mengeksplorasi karya di luar
panggung
pertunjukan. Bagi sebagian seniman, panggung sangat membatasi eksperimen
gerak yang mereka ciptakan. Film sebagai media seni pertunjukan tari dicoba diperkenalkan
dalam Festival Tari Indonesia (Indonesian Dance Festival /
IDF). Melalui segmen Dance and Film, panitia memutar beberapa film tari karya dari
dalam dan luar negeri.
“Sebagian besar film tari yang
ada di Indonesia masih berbentuk dokumenter. Masih
jarang orang
membuat film
tari sebagai bagian dari
estetika seni pertunjukan tari
itu sendiri,” kata Adi Wicaksono, Manajer Program Dance and Film di IDF, Selasa (5/6).
Dance
and Film IDF diisi pemutaran film dokumenter penari Pina
Bausch
(Jerman),
Rasinah (Cirebon), Bagong
Kussudiardja (Yogyakarta), Tari Bedhaya, serta film panjang
seperti Sang
Penari, Exodus, Alisa,
Drupadi, Dongeng dari Dirah, dan Opera Jawa.
Pemutaran film diadakan di Institut Kesenian Jakarta.
Penari Sardono W. Kusumo yang memproduksi Dongeng dari Dirah (1974)
mengatakan, di Indonesia media
film belum
banyak dimanfaatkan oleh
seniman tari.
Padahal, fase baru ini berpotensi
menciptakan kreativitas baru. Adi Wicaksono mengatakan,
IDF
mencoba memperkenalkan film sebagai alternatif baru
untuk menonton tari sekaligus menciptakan karya tari
bagi senimannya.
(Kompas, 5 Juni 2012)
1. Apa yang diperkenalkan dalam Festival Tari Indonesia ?
a. Pertunjukan
tari yang tidak
lagi
membutuhkan
panggung.
b. Film yang menyajikan tarian daerah
dan luar negeri.
c. Film sebagai
media
memperkenalkan tarian
daerah. d.
Film sebagai
media
seni
pertunjukan tari.
2. Bagaimana cara memperkenalkan seni
pertunjukan
tari bagi seniman tari dalam
mengeksplorasi karya di luar panggung pertunjukan ?
a. Melalui Film
Tari Indonesia. b.
Pemutaran
film dokumenter. c. Melalui media
film.
d. Dengan
menggelar pertunjukan di
luar panggung.
3. Kalimat tanya yang jawabannya terdapat
dalam bacaan
di atas adalah . . . . a. Di
mana Dance and Film IDF diadakan ?
b. Mengapa film dokumenter di Indonesia
berkembang pesat ?
c. Bagaimana musik diperkenalkan sebagai
alternatif baru menonton
tari
?
d. Siapa yang ingin menciptakan
karya tari dengan
menggunakan
media
film ?
4. Ide pokok
paragraf pertama
adalah
. . . .
a. Panggung sudah tidak mampu
lagi mengeksplorasi tari karena keterbatasan ruang gerak.
b. Film adalah
media baru untuk mengeksplorasi karya di
luar
panggung pertunjukan. c. Para insan
perfilman
memilih tari
sebagai pertunjukan
baru dalam film.
d. Tari
dalam media film diperkenalkan
dalam Festival
Tari Indonesia.
5. Kalimat yang sesuai dengan
paragraf ketiga adalah . . . .
a. Di Indonesia, media
film belum banyak dimanfaatkan
oleh para seniman tari.
b. Festival
Tari Indonesia bertujuan
untuk lebih mengeksplorasi
seni
tari
di mata dunia.
c. Film yang memasukkan unsur tari sudah banyak dikembangkan oleh para seniman
Indonesia.
d. IDF mencoba memperkenalkan tari
ke seluruh dunia
agar lebih
banyak diminati.
6. Perhatikan petunjuk penggunaan obat berikut !
Anak- anak
3 x 1 tablet per
hari.
2
Dewasa 3 x 1
tablet per hari.
Ayah Alya sakit flu, Alya memberikan
obat
kepada ayahnya. Takaran obat yang tepat untuk
Ayah Alya adalah . . . .
a. Sekali minum
tiga tablet,
diminum
satu kali sehari. b. Satu tablet sekali minum satu
kali sehari.
c. Tiga hari sekali,
sekali minum
satu tablet.
d. Sekali minum
satu teblet, diminum tiga kali sehari.
7. Bacalah petunjuk berikut !
Petunjuk penggunaan kompor
listrik
1. Nyalakan kompor dengan memutar
tombol kompor.
2. Colokkan kabel ke stop kontak listrik.
3. Letakkan
kompor listrik di tempat yang datar dan kering.
4. Letakkan
panci di atas kompor.
Urutan petunjuk
penggunaan kompor listrik yang tepat
adalah . . . .
a.
|
4-2-3-1
|
b.
|
3-2-4-1
|
c.
|
1-3-2-4
|
d.
|
3-1-4-2
|
8. Bacalah rubrik surat pembaca
berikut !
Taman Asri sudah dikenal
baik sebagai tempat wisata yang indah.
Sayangnya, wisatawan sering mengeluhkan jarangnya
penjual makanan di tempat
tersebut.
Kalimat
saran
untuk rubrik tersebut
adalah . . . .
a. Para pengelola taman
sudah
berusaha menyediakan
lahan berjualan. b. Sebaiknya, disediakan restoran cepat
saji di Taman Asri.
c. Makanan yang baik
untuk dijual adalah kudapan.
d. Pengelola kaki lima dapat berjualan di lokasi.
9. Pengumuman
Dalam rangka
menyukseskan program penghijauan, Sekolah akan mengadakan
penanaman pohon buah-buahan di kebun sekolah. Murid-murid diminta membawa satu bibit
pohon buah.
Isi pengumuman
tersebut adalah
. . . .
a. Pengadaan program penghijauan.
b. Penanaman pohon buah-buahan
di sekolah. c. Informasi tentang kebersihan lingkungan.
d.
Informasi
untuk murid agar membawa satu bibit pohon buah ke sekolah.
Cuplikan teks
drama berikut untuk soal nomor 10-12.
Arif :
“Ayah, aku mau ikut Kak Agus nonton sepak bola di lapangan.” (Arif keluar rumah
sambil mendorong sepeda motornya).
Ayah : “Naik apa kesana ?” (Ayah
mengelus-elus kepala Arif).
Arif :
“Naik sepeda motor,
Yah.”
Agus :
“Iya, tuh, Yah. Adik merengek-rengek ingin ikut nonton sepak bola.” (Agus
keluar rumah sambil
mendorong sepeda motornya).
Ayah : “Ya, sudah. Pergilah
bersama Kak
Agus.”
Arif
:
(Raut muka senang) “Baik, Yah.”
Ayah :
“Hati-hatilah, patuhi rambu-rambu lalu lintas, jangan ngebut, dan kenakan
helm !” (Ayah
berseru ke arah Agus
dan Arif yang siap
berangkat).
10. Tokoh utama dalam kutipan drama tersebut adalah
. . . . a. Ayah
b. Ibu
c. Arif
d. Agus
11. Latar yang tepat berdasarkan kutipan drama
tersebut adalah
. . . . a. di jalan.
b. di rumah.
c. di lapangan. d.
di kebun.
12. Amanat yang terkandung
dalam penggalan drama tersebut
adalah . . . . a. Kita harus menaati perintah
orang tua.
b.
Pengendara sepeda motor harus
mematuhi rambu-rambu lalu lintas.
c. Kita harus
pamit
kepada ayah
setiap ke luar rumah.
d.
Apabila ke luar rumah, harus memakai sepeda motor.
13. Udara di Bogor sangat dingin. Termometer yang ada di ruang tamu tepat menunjuk
pada angka tujuh belas derajat celcius. Meskipun jam dinding menunjuk pukul sembilan
pagi, udara terasa seperti pukul sembilan malam, matahari juga masih bersembunyi di balik
awan.
Kalimat
utama paragraf di
atas adalah . . . . a. Udara di Bogor sangat
dingin.
b. Udara dingin terasa menusuk-nusuk tulang. c. Matahari masih
bersembunyi di balik
awan. d.
Termometer menunjukkan
angka 17oC.
14 Perhatikan
percakapan berikut !
Anton :
“Dari mana,
Don ?”
Doni :
“Dari lapangan
desa main
layang- layang.”
Anton :
“Asik,
dong. Bagaimana permainan layang- layangmu ?”
Doni :
“Asyik
sekali.
Saat
di lapangan desa aku mendapatkan
dua layang-layang.”
Anton :
“Kok
bisa ?”
Doni : “Sebenarnya itu
tidak
sengaja.
Saat
bermain
layang- layang tidak kuduga ak
melihat ada dua layang- layang di
atas pohon. Aku pun mengambilnya.”
Anton :
“Seru
juga. Mana layang- layang itu ?”
Doni : “Kuberikan semua kepada Rico. Kasihan
dia ingin bermain layang-layang tetapi
tidak memiliki layang- layang.”
Simpulan
isi percakapan di atas
adalah . . . . a.
Permainan
layang- layang yang seru.
b. Memberikan
layang- layang kepada orang lain.
c. Menemukan
layang- layang di
atas pohon.
d. Memberikan layang- layang kepada orang lain.
Paragraf berikut digunakan
untuk menjawab soal nomor 15- 17
Tanah yang gersang, udara yang
panas. Itulah ciri khas Bojonegoro. Tidak semua
tanaman cocok di daerah semacam itu. Namun, tanaman
tembakau justru sangat
menyukainya. Di tanah
kering dan udara panas
menyengat, tanaman tembakau justru
tumbuh subur.
Sumber : Majalah Potret Negeriku, Desember 2011
15. Makna kalimat yang bercetak
miring dalam paragraf tersebut adalah
. . . . a. Keadaan
tanah di Bojonegoro berbeda dengan tanah di daerah
lain. b. Tidak semua
tanaman dapat
hidup seperti tembakau.
c. Tidak semua
tanaman cocok di daerah gersang dan
panas.
d. Tanah kering dan udara panas menjadi ciri khas daerah Bojonegoro.
16. Tanah yang gersang, udara yang panas.
Arti kata gersang pada paragraf
tersebut
adalah . . .
. a. hitam.
b. keras.
c. gembur. d. kering.
17. Antonim dari kata
panas pada paragraf tersebut
adalah
. . . . a. dingin
b. segar
c. lembab
d. basah
18. Santosa murid kelas VI. Ia selalu ingin membeli aneka mainan di sekolahnya. Karena uangnya tidak cukup, ia sering meminjam uang kepada teman- temannya. Padahal setiap hari ia diberi saku Rp 5.000,00 oleh ayahnya, sedangkan harga mainan yang
ia beli seharga
Rp 9.000,00.
Peribahasa yang tepat
untuk menggambarkan ilustrasi
di atas
adalah
. . . . a. Besar
pasak
dari
pada tiang.
b. Tong
kosong berbunyi
nyaring. c. Air tenang menghanyutkan.
d. Air beriak tanda tak dalam.
19. Budi anak dari keluarga yang kaya. Ia pandai di sekolahnya. Namun, ia tidak sombong dan mau berteman dengan siapa
saja. Sikap Budi tersebut membuat teman- temannya suka kepadanya.
Ungkapan yang sesuai dengan
ilustrasi di atas adalah
. . . . a. besar hati.
b. rendah hati. c. besar kepala.
d. hati mas.
20. Perhatikan pantun berikut !
Buah nangka buah
kedondong,
Jangan
dimakan di siang
terik. Hai, teman jangan berbohong, Bohong itu tidak baik.
Pesan yang terkandung dalam pantun
tersebut adalah
. . . .
a. Jangan
makan buah nangka dan
kedondong pada siang hari.
b. Sebaiknya makan
buah
nangka dan
kedondong pada waktu siang hari.
c. Buah nangka dan kedondong enak
rasanya.
d. Jangan
suka berbohong karena bohong itu tidak baik.
21. Perhatikan dua teks berikut ini
!
Teks
1
Beberapa hari terakhir ini hujan cukup deras, sehingga terjadi banjir di mana- mana.
Ibu kota negara juga dilanda banjir, bahkan sampai ke istana negara. Banjir yang melanda daerah itu
menyebabkan kekhawatiran
warga.
Teks
2
Penduduk yang tinggal di daerah bantaran sungai sangat khawatir jika musim hujan
tiba. Aliran air sungai yang deras dari hulu meluap sampai ke rumah penduduk. Terpaksa
para penduduk mengungsi
ke tempat yang lebih aman.
Persamaan kedua teks tersebut adalah
. . . . a. Bencana alam melanda penduduk.
b. Warga mengungsi
karena banjir.
c. Banjir
membuat warga khawatir. d.
Hujan
mengakibatkan
banjir.
Untuk menjawab soal nomor 22 dan 23 !
Perhatikan jadwal penerbangan pesawat
Garuda berikut ini !
Jadwal Penerbangan Pesawat Garuda
Bandara Ahmad Yani Semarang
No. Penerbangan (Hari)
|
Berangkat
|
Tiba
|
No. Penerbangan (Hari)
|
Datang
|
GARUDA
|
|
|
|
|
Ke
Jakarta
|
|
|
Dari
Jakarta
|
|
GA
231 ( setiap hari
)
|
06.00
|
07.00
|
GA
230 ( setiap
hari )
|
07.00
|
GA
233 ( setiap hari
)
|
07.35
|
08.35
|
GA
232 ( setiap hari
)
|
08.45
|
GA
235 ( setiap hari
)
|
09.20
|
10.20
|
GA
234 ( setiap hari
)
|
10.15
|
GA
237 ( setiap hari
)
|
10.50
|
11.50
|
GA
236 ( setiap hari
)
|
12.00
|
GA
239 ( setiap hari
)
|
12.35
|
13.35
|
GA 238 ( setiap hari )
|
13.45
|
22. Pernyataan yang sesuai
dengan jadwal penerbangan pesawat
Garuda tersebut adalah
. . .
a. Pesawat dengan nomor penerbangan GA 233 terbang setiap hari dari Semarang tiba di
Jakarta pukul 08.35.
b. Pesawat dengan nomor penerbangan GA 237 terbang setiap hari dari Jakarta tiba di
Semarang pukul 11.50
c. Pesawat dengan nomor penerbangan GA 238 terbang setiap hari dari Semarang tiba di
Jakarta pukul 13.45
d. Pesawat dengan nomor penerbangan GA 230 terbang setiap hari dari Semarang pukul
07.00
23. Jika ayah berangkat dari Semarang pukul 09.20
dan ingin sampai di Jakarta pukul
10.20.
Maka ayah sebaiknya
naik
pesawat Garuda dengan
nomor penerbangan
. . . . a. GA.
235
b. GA. 234 c. GA.
237 d. GA. 230
24. Cermati puisi berikut !
Kau berlayar
pada malam
hari,
Di tengah
laut kau mencari rezeki,
Siang hari
kau
pulang sejenak
untuk beristirahat,
Siang malam kau lalui demi sesuap
nasi.
Isi puisi tersebut adalah . .
. .
a. Seorang nelayan
bekerja keras demi kelangsungan hidup keluarga. b.
Beban
berat
nelayan karena bekerja keras.
c. Seorang nelayan bekerja keras
demi mencari nasi.
d. Nelayan
bekerja keras
tidak
kenal
waktu
karena bebannya berat.
25. Bacalah kutipan cerita berikut
!
Riski
bersantai sejenak di taman rumahnya. Ia terlalu lelah setelah mengikuti lomba
lari tadi pagi. Akhirnya ia dapat mengharumkan nama sekolahnya di tingkat Nasional. Bukan hanya sekolahnya, tapi
juga
nama asal
daerahnya.
Ia disanjung oleh teman-
temannya. Karena menjadi juara I pada lomba lari tingkat
Nasional.
Simpulan isi cerita tersebut
adalah . . . .
a. Riski bersantai di taman rumahnya, karena lelah
setelah mengikuti
lomba lari.
b. Riski telah membawa kebanggaan bagi sekolah dan daerahnya karena telah menjadi juara lari
tingkat
Nasional.
c. Riski bangga disanjung teman- temannya setelah mendapat juara I tingkat Nasional.
d. Riski
dan teman- temannya
bangga
karena
telah mengikuti lomba
lari tingkat
Nasional.
26. Pahamilah
laporan berikut ini dengan seksama !
Pada hari Senin 17 November 2008, SD Angkasa Bandung
mengadakan kunjungan
ke Puskesmas I
Bandung. Mereka sampai di puskesmas
pukul 09.00 WIB dan disambut
oleh Kepala Puskesmas beserta
tenaga
medis di puskesmas tersebut. Hasil pengamatan yang
didapat adalah suasana
lingkungan puskesmas dan ruangan tampak bersih, sehat dan rapi.
Para
petugas melayani pasien dengan penuh kesabaran dan penuh dengan sopan santun. Setelah
pukul 12.00, kami mohon pamit
kepada puskesmas I Tangerang.
Isi dari laporan
di atas
adalah . . . .
a. Cara kerja karyawan Puskesmas I Bandung. b.
Kunjungan ke Puskesmas I Bandung.
c. Kunjungan
kerja ke SD Angkasa Bandung. d.
Keadaan
ruangan Puskesmas I Bandung.
27. Perbaikan
kalimat
laporan yang
bercetak miring adalah . . . . a. Mereka datang di
puskesmas pukul 09.00 WIB
b. Mereka mulai
di puskesmas pukul 09.00 WIB
c. Mereka hadir di puskesmas pukul 09.00 WIB
d. Mereka tiba di puskesmas
pukul 09.00 WIB
28. Cermati percakapan
berikut !
Ibu Aisyah : “Kamal, coba lihat
peristiwa banjir
di televisi ?”
Kamal :
“Kasihan sekali ya bu, rumah mereka tergenang banjir. Bahkan mere
harus mengungsi !”
Ibu Aisyah :
“Benar, sungguh kasihan. Karena itu kita harus menjaga lingkungan kit
seperti membersihkan selokan,
membuang sampah pada tempatnya, da
kita harus menanami pohon disekitar
kita. Supaya pohon itu dapat menaha air
sewaktu
turun
hujan.”
Kamal :
“Ya, bu mari
kita mulai sekarang.”
Topik
dari kutipan drama di atas
adalah . . . . a.
Bencana banjir.
b. Masyarakat takut dengan banjir.
c. Musim
hujan.
d. Penanaman
pohon dapat mencegah banjir.
29.
Paragraf di bawah ini untuk soal nomor 29- 31 !
Pulang dari madrasah,
hati Wahyu berbunga-
bunga. Ia tak menyangka berhasil mengalahkan lawannya dari KKM VI yang kedua kalinya. Setibanya di rumah, Wahyu mengabarkan berita kemenangannya kepada Ibunya, “Bu...., Bu....., aku menjadi juara
bertahan bulu tangkis tahun ini.” “Kami tadi main bulutangkis empat kali, Bu”. “Selamat,
ya
sayang,
ibu bangga”.
“Benar
kata
ibu kan asal rajin berlatih, pasti kamu berhasil mempertahankan juara,” Tak lupa ibu berpesan kepada Wahyu agar tidak cepat puas, tetap
rajin
berlatih, dan jangan besar
kepala atas keberhasilan yang telah dicapainya tadi.
Ringkasan yang tepat pada paragraf di atas adalah . . . .
a. Ia tak menyangka berhasil mengalahkan lawannya dari KKM
VI yang kedua kalinya.
b. Setibanya di
rumah,
Wahyu mengabarkan berita
kemenangannya kepada Ibunya.
c. Pulang dari
madrasah, hati Wahyu berbunga- bunga.
d. Besar
kepala atas
keberhasilan yang telah dicapainya.
30. Tema
cerita
tersebut adalah
. . . .
a. Suatu kebanggaan karena berhasil mempertahankan
kejuaraan.
b. Seorang anak yang menyampaikan kabar gembira kepada ibunya. c. Kepatuhan seorang
anak kepada ibunya.
d. Dengan berlatih
dengan
sungguh- sungguh
maka
keberhasilan akan
dapat tercapai.
31.
Pesan yang terkandung dalam
paragraf di atas adalah . . . . a. Wahyu
puas dengan
keberhasilannya.
b. Menjadi
juara bertahan.
c. Tetap
rajin
berlatih, walau berhasil mempertahankan
juara. d. Tidak
berlatih, karena sudah
menjadi juara bertahan.
Belum ada Komentar untuk " LATIHAN UJIAN NASIONAL SD/MI BAHASA INDONESIA TAHUN 2016/2017"
Posting Komentar
Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!