PERANGKAT PEMBELAJARAN - PROTA TEMATIK Kelas 1 Tahun Ajaran Baru 2016/2017 Semseter 1 dan 2
Setelah kemarin kita mengupload mengenai KKM Tematik Lengkap Kelas 1 kali ini akan kami shared mengenai PROTA TEMATIK kelas 1 Komplit Tahun 2016/2017. Berikut ini cuplikan Isinya.
Tema
|
Stándar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Budi Pekerti
|
IPA/ Sains :
Mengenal berbagai benda langit dan
peristiwa alam ( cuaca dan musim )
serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
|
IPA
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan
pada kegiatan manusia .
|
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS
:
·
Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku
dalam menjaga kebersihan rumah
|
|
PKN :
Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
Melaksanakan
aturan yang berlaku di masyarakat
|
|
Matematika
:
Mengenal
bangun datar sederhana
|
Matematika :
·
Menunjukkan benda-benda
yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·
Mmenyebut-kan cirri-ciri
segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·
Menjiplak berbagai bentuk
segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·
Mengelompokkan berbagai
bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna,
atau cirri lainnya.
|
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Memahami wacana lisan tentang benda-benda di
sekitar dan dongeng.
Berbicara
·
Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan
informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
Membaca
·
Memahami
teks pendek dengan membaca lancar
dan membaca puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan dengan huruf tegak
bersambung melalui dikte dan menyalin
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Menyebutkan isi dongeng
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan
bahasa yang mudah dimengerti.
·
Melakukan percakapan
sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang
suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.
·
Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang
disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa kalimat
sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan
intonasi yang tepat.
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan
huruf tegak bersambung.
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
Mengekspresikan
diri melalui karya seni tari
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam
sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting
/ menyobek
|
KELUARGA
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
Mendeskripsikan letak rumah
|
|
IPA/ Sains :
Mengenal berbagai benda langit dan
peristiwa alam ( cuaca dan musim )
serta pengaruhnya
terhadap kegiatan manusia
|
IPA :
Mengidentifikasi penyebab
benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
|
|
PKN :
Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
Mengikuti
tata tertib di rumah dan di sekolah
|
|
Matematika
:
Mengenal
bangun datar sederhana
|
Matematika :
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
dua angka
|
|
Bahasa
Indonesia :
Berbicara :
·
Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan
tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis :
·
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar
tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
·
Melakukan percakapan
sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa
kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang
terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak
bersambung
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi karya seni musik
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam
sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui teknik
menggunting / menyobek
|
LINGKUNGAN
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Mendeskripsikan letak
rumah
|
|
IPA/ Sains :
Mengenal berbagai bentuk energi,
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
|
IPA :
Mengidentifikasi penyebab
benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
|
|
PKN :
Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKn :
·
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
|
|
Matematika
:
· Melakukan penjumlahan
dan pengurangan bilangan sampai
dengan dua angka dalam pemecahan masalah.
|
Matematika :
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
|
|
Bahasa
Indonesia :
Berbicara :
· Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan
dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh,
dan deklamas.
Membaca :
· Memahami teks
pendek dengan membaca nyaring.
Menulis :
· Menulis permulaan
dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
·
Menyebutkan isi dongeng.
Berbicara
·
Melakukan percakapan
sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Memerankan tokoh dongeng
atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa
kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf tegak bersambung.
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan:
·
Mengapresiasi karya seni musik
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Menampilkan pola irama
dan melodi sederhana
·
Memeragakan dinamik
sederhana
· Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber
bunyi sederhana.
|
KEBERSIHAN
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Menceritakan kembali peristiwa penting
|
|
IPA :
Mengenal
berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
|
IPA :
·
Membedakan gerak benda yang mudah bergerak
dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan.
·
Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (
batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
|
|
PKN :
Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
·
Melaksanakan hak anak di rumah dan di
sekolah
|
|
Matematika :
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai dengan dua angka dalam
pemecahan masalah
|
Matematika :
·
Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
dua angka
|
|
Bahasa
Indonesia : Mendengarkan :
·
Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
dilisankan.
Berbicara :
·
Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan
tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis :
·
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia : Mendengarkan
·
Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
·
Menyebutkan isi
dongeng.
Berbicara
·
Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang
suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..
Membaca
·
Membaca lancar beberapa
kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang
terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak
bersambung
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
Mengapresiasi
karya seni musik
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsure / elemen musik
dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
|
KESEHATAN
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Menjelaskan lingkungan
rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
|
IPA :
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
|
IPA :
·
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
|
|
PKN :
Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
·
Melaksanakan aturan yang
berlaku di masyarakat
|
|
Matematika :
Menggunakan
pengukuran berat
|
Matematika :
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat
benda
|
|
Bahasa
Indonesia : Mendengarkan :
·
Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
dilisankan.
Berbicara :
·
Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan
tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis :
·
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Menyebutkan isi dongeng.
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar
tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·
Melakukan percakapan
sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·
Memerankan tokoh dongeng
atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa
kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf tegak bersambung
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi karya seni musik
·
Mengapresiasi karya seni tari
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
·
Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari menurut
tingkatan tinggi rendah.
·
Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi
|
PERISTIWA
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Menceritakan kembali peristiwa penting
|
|
IPA :
Mengenal
berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
IPA :
·
Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan
|
|
PKN :
Menerapkan
hak anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
·
Menjelaskan hak anak untuk belajadengan gembira dan didengar pendapatnya
|
|
Matematika :
Melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan
masalah
|
Matematika :
·
Membilang banyak
benda
·
Mengurutkan banyak
benda
|
|
·
Bahasa Indonesia :
Berbicara :
·
Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan
tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis :
·
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Bebicara
·
Menceritakan isi
·
gambar tunggal atau seri
sederhana dengan bahasa yang mudah dimengert
·
Melakukan percakapan
sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa
kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang
terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana
yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak
bersambung.
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi karya seni musik
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengidentifikasi unsure
rupa pada benda di alam sekitar.
·
Menyatakan sikap
apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·
Mengekspresikan diri melalui karya seni
gambar ekspresif.
·
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel.
|
PERMAINAN
|
IPS :
Mendeskripsikan
lingkungan rumah
|
IPS :
·
Menjelaskan lingkungan
rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
|
IPA :
Mengenal
berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
|
IPA :
·
Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan
|
|
PKN :
Menerapkan
kewajiban anak di rumah dan di sekolah
|
PKN :
·
Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
|
|
Matematika :
Menggunakan
pengukuran berat
|
Matematika :
·
Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan
·
Membandingkan berat benda ( ringan , berat )
|
|
·
Bahasa Indonesia :
Mendengarkan :
Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng sekitar dan dongeng
Berbicara :
·
Mengungkapkan
fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan
tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca :
·
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis :
·
Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan,
mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
|
Bahasa
Indonesia :
Mendengarkan
·
Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
Berbicara
·
Menceritakan isi gambar
tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Membaca
·
Membaca lancar beberapa
kalimat sederhana yang terdiri atas
3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·
Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan
lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·
Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf tegak bersambung.
·
Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak
bersambung
|
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengapresiasi karya seni musik
·
Mengapresiasi karya seni tari
|
Seni Budaya dan
Keterampilan :
·
Mengekspresikan diri melalui vocal, alat
musik, atau sumber bunyi sederhana
·
Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib.
·
Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah
tempat
|
Jika anda ingin memilikinya maka akan kami sediakan linknya untuk anda semuanya. silahkan kunjungi link dibawah ini jangan lupa berkomentar atau susbcribe ya .
Belum ada Komentar untuk "PERANGKAT PEMBELAJARAN - PROTA TEMATIK Kelas 1 Tahun Ajaran Baru 2016/2017 Semseter 1 dan 2"
Posting Komentar
Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!