PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB - SK/KD Kelas IV ,V dan VI Semester 1 dan 2
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
Nama Sekolah : SDIT Nurul Huda Pracimantoro Kelas/semester :
IV /1
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Tahun
Pelajaran : 2012/2013
KETRAMPILAN
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KEBAHASAAN
|
Waktu (Menit)
|
|
1. Menyimak
|
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
1.1
|
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang
meliputi
اسم إشارة + اسم
مفرد/علم
dan
ضمائر (أنا، أنت، أنتِ، هو، هي)
+ اسم مفرد مذكر/مؤنث/علم
|
|
1.2
|
Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan
sederhana tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||||
2. Berbicara
|
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
2.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||
2.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||||
3. Membaca
|
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang perkenalan, alat-alat
madrasah, dan profesi
|
3.1
|
Melafalkan huruf
hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||
3.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||||
4. Menulis
|
Menuliskan
kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek
sederhana tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
4.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||
Baca Juga : RPP Bahasa Arab Lengkap Semester 1 dan 2 SD/MI
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
Nama Sekolah : SDIT Nurul Huda Pracimantoro Kelas/semester :
IV / 2
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Tahun
Pelajaran : 2012/2013
KETRAMPILAN
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KEBAHASAAN
|
Waktu (Menit)
|
|
5. Menyimak
|
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan
keluarga
|
5.1
|
Memukan
makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
العنوان،
الأسرة، الحياة العائلية
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang
meliputi
الأرقام 1-10 وضمير متصل مفرد مذكر أو مؤنث
|
|
5.2
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
العنوان،
الأسرة، الحياة العائلية
|
||||
6. Berbicara
|
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang tentang
alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
|
6.1
|
Menyampaikan informasi secara lisan
dalam العنوان، الأسرة، الحياة العائلية
|
||
6.2
|
Melafalkan huruf hijaiyah,
kata, العنوان، الأسرة، الحياة العائلية
|
||||
7. Membaca
|
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
|
7.1
|
Menemukan
makna, gagasan atau ide العنوان، الأسرة، الحياة العائلية
|
||
7.2
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
العنوان،
الأسرة، الحياة العائلية
|
||||
8. Menulis
|
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang tentang
alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
|
8.1
|
Memukan
makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
العنوان،
الأسرة، الحياة العائلية
|
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KELAS/ SEMESTER : V / 1
KETRAMPILAN
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KEBAHASAAN
|
Waktu (Menit)
|
|
1. Menyimak
|
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang lingkungan rumah
|
1.1
|
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat ) tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola
kalimat yang meliputi
هذا/هذه + ال + اسم + اسم صفة (نعت)
|
|
1.2
|
Memahami
makna kata informasi tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
||||
2. Berbicara
|
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang lingkungan
rumah
|
2.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
||
2.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
||||
3. Membaca
|
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang lingkungan rumah
|
3.1
Melafalkan huruf
hijaiyah, kata, kalimat dan wacana
tertulis
tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
|||
3.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
|||||
4. Menulis
|
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang lingkungan
rumah
|
4.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
KELAS/ SEMESTER : V / 2
KETRAMPILAN
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KEBAHASAAN
|
Waktu (Menit)
|
|
5. Menyimak
|
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang lingkungan sekolah
|
5.1
|
Mengidentifikasibunyi
huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
في
المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola
kalimat yang meliputi
مبتدأ
+ خبر + ظرف أو جار ومجرور
أو
خبر مقدم + مبتدأ + نعت
|
|
5.2
|
Memukan
makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
في
المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
||||
6. Berbicara
|
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang lingkungan
sekolah
|
6.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
في
المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
||
6.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
في
المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
||||
7. Membaca
|
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang lingkungan sekolah
|
7.1
|
Melafalkan huruf
hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
في
المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
||
7.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
في
المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
||||
8. Menulis
|
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang lingkungan
sekolah
|
8.1
|
Menyusun
kata menjadi kalimat sempurna, membuat
karangan sederhana tentang
في
المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN KD
Nama Sekolah : SDIT Nurul Huda Pracimantoro Kelas/semester :
IV /1
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Tahun
Pelajaran : 2012/2013
KETRAMPILAN
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KEBAHASAAN
|
Waktu (Menit)
|
|
1. Menyimak
|
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
1.1
|
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang
meliputi
اسم إشارة + اسم
مفرد/علم
dan
ضمائر (أنا، أنت، أنتِ، هو، هي)
+ اسم مفرد مذكر/مؤنث/علم
|
|
1.2
|
Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||||
2. Berbicara
|
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
2.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||
2.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||||
3. Membaca
|
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang perkenalan, alat-alat
madrasah, dan profesi
|
3.1
|
Melafalkan huruf
hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||
3.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||||
4. Menulis
|
Menuliskan
kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek
sederhana tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi
|
4.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
التعارف،
الأدوات المدرسية، المهنة
|
||
PEMETAAN
KOMPETENSI DASAR
Nama Sekolah : SDIT Nurul Huda Pracimantoro Kelas/semester :
IV / 2
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Tahun
Pelajaran : 2012/2013
KETRAMPILAN
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KEBAHASAAN
|
Waktu (Menit)
|
|
5. Menyimak
|
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan
keluarga
|
5.1
|
Memukan
makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
العنوان،
الأسرة، الحياة العائلية
|
Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang
meliputi
الأرقام 1-10 وضمير متصل مفرد مذكر أو مؤنث
|
|
5.2
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
العنوان،
الأسرة، الحياة العائلية
|
||||
6. Berbicara
|
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog tentang tentang
alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
|
6.1
|
Menyampaikan informasi secara lisan
dalam العنوان، الأسرة، الحياة العائلية
|
||
6.2
|
Melafalkan huruf hijaiyah,
kata, العنوان، الأسرة، الحياة العائلية
|
||||
7. Membaca
|
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
|
7.1
|
Menemukan
makna, gagasan atau ide العنوان، الأسرة، الحياة العائلية
|
||
7.2
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
العنوان،
الأسرة، الحياة العائلية
|
||||
8. Menulis
|
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang tentang
alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga
|
8.1
|
Memukan
makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
العنوان،
الأسرة، الحياة العائلية
|
Pracimantoro,
|
||
Kepala Sekolah
|
Guru Mapel
|
|
Yekti gunarsi, S.E
|
Nugroho Dwi saputro
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN KD
Nama Sekolah : SDIT Nurul Huda Pracimantoro Kelas/semester :
VI / 1
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Tahun
Pelajaran : 2012/2013
KETRAMPILAN
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KEBAHASAAN
|
Waktu (Menit)
|
|
1. Menyimak
|
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang lingkungan rumah
|
1.1
|
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (
kata, kalimat ) tentang
الساعة، الأفعال اليومية
|
Tema-tema tersebut
diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به
|
|
1.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
الساعة، الأفعال اليومية
|
||||
2. Berbicara
|
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan sehari-hari.
|
2.1
|
Melakukan dialog sederhana tentang
الساعة، الأفعال اليومية
|
||
2.2
|
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat
sederhana tentang
الساعة، الأفعال
اليومية
|
||||
3. Membaca
|
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog
tentang tentang kegiatan sehari-hari.
|
3.1
|
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana
tertulis tentang
الساعة، الأفعال اليومية
|
||
3.2
|
Menemukan
makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
الساعة، الأفعال اليومية
|
||||
4. Menulis
|
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang tentang kegiatan
sehari-hari.
|
4.1
|
Menyusun
kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
الساعة، الأفعال اليومية
|
Pracimantoro,
|
||
Kepala Sekolah
|
Guru Mapel
|
|
Yekti gunarsi, S.E
|
Nugroho Dwi saputro
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN KD
Nama Sekolah : SDIT Nurul Huda Pracimantoro Kelas/semester :
VI / 2
Mata Pelajaran : BAHASA ARAB Tahun
Pelajaran : 2012/2013
KETRAMPILAN
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KEBAHASAAN
|
Waktu (Menit)
|
|
5. Menyimak
|
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan yang telah dilakukan
|
5.1
|
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola
kalimat yang meliputi
فعل ماض + فاعل + مفعول به
|
|
5.2
|
Memukan
makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
||||
6. Berbicara
|
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang kegiatan
yang telah dilakukan
|
6.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
||
6.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
||||
7. Membaca
|
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang kegiatan yang telah
dilakukan
|
7.1
|
Melafalkan huruf
hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
||
7.2
|
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
||||
8. Menulis
|
Menuliskan
kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek
sederhana tentang kegiatan yang
telah dilakukan
|
8.1
|
Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
Pracimantoro,
|
||
Kepala Sekolah
|
Guru Mapel
|
|
Yekti gunarsi, S.E
|
Nugroho Dwi saputro
|
Belum ada Komentar untuk "PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA ARAB - SK/KD Kelas IV ,V dan VI Semester 1 dan 2"
Posting Komentar
Trimakasih sudah membaca artikel kami, silahkan tinggalkan komentar jika ada keluhan mengenai link yang mati atau artikel rusak silahkan laporkan kepada kami ya !!!!